komik :3

Selamat sore semuanya !! hari ini aku akan cerita sedikit mengenai komik. tau komik kan? (ya iyalah masa ga tau -___-)kalo yang belum tau (keterlaluan) nih baca dari wikipedia :p :
Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.
cr: http://id.wikipedia.org/wiki/Komik

nah, kalian udah pernah baca komik kan? komik itu bisa dikelompokkan mulai dari genre, rating umur, pembaca, dll. Lalu komik yang aku sering temuin itu komik dari jepang yang biasanya disebut "manga". Selain Jepang, ada juga komik Korea (manhwa) dan Cina (manhua). Kalau aku sih lebih suka manga, di Indonesia penggemar manga juga banyak (banget) itu bisa dibuktikan ketika kamu mampir ke toko buku (biasanya) di bagian komik (comic corner) pasti penuh. kalau aku sih kebanyak nemuin anak-anak SMP- kuliah yang nongkrong di situ (nebeng baca komik di toko buku).
Banyak banget karya manga yang terkenal seperti Naruto, One Piece, Bleach, Death Note, Bakuman, Nura : Rise of Yokai Clan, dll. yang tadi aku sebutkan itu termasuk shounen manga, artinya manga yang dibuat untuk laki-laki (bukan berarti perempuan gak boleh baca yaa!) walaupun untuk laki-laki, aku malah lebih suka baca shounen manga ketimbang shoujo manga (manga untuk cewek). Alasannya? menurut aku manganya lebih seru aja (alasan macam apa itu -___-).

beberapa koleksi komik saya yang belum lengkap -_-)/
Kebanyakan anime diadaptasi dari manga, jadi  kalau kamu nonton anime (biasanya) ada manganya juga. biasanya dijual di gramed*a atau pun toko buku yang lain, cari aja semoga beruntung (lha(?)).



Komik Indonesia? ada!

jangan terlalu puas dengan buatan luar negeri, kita juga punya komik dari Indonesia kok!
majalah komik yang aku tau nerbitin komik-komik indonesia itu Re-on.  Kalau komik Jepang seru-seru, komik Indonesia juga gak kalah seru! penasaran? beli aja di indo*aret atau di gramed*a atau di rakut*n juga ada >.>

---

sekarang di indonesia banyak banget buku-buku mengenai How to draw: manga. Kursus-kursus manga juga banyak menyebar di wilayah indonesia. Bagi yang cita-citanya jadi komikus, bisa ikut. tapi kalau gak ikut juga gak apa-apa, bisa browsing mengenai how to draw manga baik di YouTube maupun Google.

Museum Komik

Kyoto International Manga Useum. Ya itu terletak di Kyoto, Jepang. Di sana terdapat 50.000 komik yang di pamerkan. Sebagian besar komiknya berbahasa Jepang, tapi di sana juga mengoleksi komik berbahasa asing. Termasuk Indonesia.
(cr: buku Best of Kyoto)





Comments